trustindo prima karya logo

PERNYATAAN KETIDAKBERPIHAKAN

MANAJEMEN PUNCAK PT TRUSTINDO PRIMA KARYA

Tujuan sertifikasi adalah memberikan keyakinan kepada semua pemangku kepentingan bahwa suatu unit manajemen telah secara konsisten memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Nilai dari sertifikasi adalah tingkat keyakinan publik dan kepercayaan yang dihasilkan dari audit oleh lembaga yang kompeten dan netral.

Memahami tujuan dan nilai dari pada sertifikasi tersebut dapat dicapai melalui penerapan manajemen ketidakberpihakan dalam menjalankan kegiatan sertifikasi, maka dengan ini   Direktur Utama PT. Trustindo Prima Karya  selaku Manajemen Puncak menjamin bahwa manajemen PT Trustindo Prima Karya :

  1. Melakukan evaluasi  ketidakberpihakan pada personil manajemen dan personil sertifikasi yang terlibat dalam kegiatan sertifikasi berdasarkan konflik kepentingan yang mungkin akan ditimbulkan dari sumber konflik yang teridentifikasi.
  2. Hanya akan menggunakan personil yang telah dinyatakan bebas dari konflik kepentingan pada kegiatan sertifikasi.
  3. Tidak mensertifikasi badan usaha yang sahamnya dimiliki sebagian atau sepenuhnya oleh PT Trustindo Prima Karya.
  4. Tidak memberikan jasa konsultansi atau internal audit kepada calon klien.
  5. Tidak akan melakukan kerjasama dengan badan usaha atau perorangan yang melakukan kegiatan konsultansi atau internal audit pada bidang sertifikasi yang menjadi kewenangan PT Trustindo Prima Karya.
  6. Tidak akan menggunakan personil sertifikasi (auditor dan/ atau pengambil  keputusan) untuk dilibatkan dalam kegiatan sertifikasi pada klien yang sebelumnya (dalam kurun waktu 2 tahun) diketahui bahwa klien tersebut telah mendapatkan jasa konsultansi dan/ atau internal audit dari personil tersebut.
  7. Memberikan tindakan atas terjadinnya pelanggaran ketidakberpihakan, berupa penghentian penugasan (kepada personil sertifikasi) dan sanksi pembekuan atau pencabutan sertifikat (kepada klien).
  8. Seluruh personil PT Trustindo Prima Karya baik internal atau eksternal, atau komite yang terlibat dalam kegiatan sertifikasi diwajibkan bertindak secara netral (tidak berpihak) dan tidak diizinkan memberikan tekanan komersial, keuangan atau tekanan lainnya yang mengkompromikan ketidakberpihakan.
  9. Seluruh personil baik internal atau eksternal diwajibkan untuk mengungkapkan seluruh situasi yang mungkin menimbulkan konflik kepentingan  pada personil atau perusahaan. Hasil identifikasi atas informasi atau ungkapan tersebut dijadikan dasar pertimbangan penggunaan personil pada penugasan sertifikasi. 

 

Ditanda tangani oleh  :

Untuk dan atas nama PT TRUSTINDO PRIMA KARYA,

 

Ir Kurnia

Direktur Utama